Khasiat Bawang Putih Tunggal Dan Efek Sampingnya

28 Aug 2017

khasiat bawang puting tunggalDalam bahasa jawa disebut bawang putih lanang, yaitu bawang putih yang hanya memiliki satu siung saja. Jadi berbeda dengan bawang putih yang biasa dipakai sehari, yang memiliki jumlah siung banyak.

Bawang putih tunggal ini dipercaya memiliki banyak kandungan zat dan senyawa yang berkhasiat bagi kecantikan kulit dan kesehatan tubuh manusia. Banyak para pakar kesehatan yang sudah membuktikan dengan penelitian bahwasanya bawang putih tunggal yang diiris kecil-kecil dapat memaksimalkan kandungan didalamnya yang bisa dipakai sebagai obat penawar penyakit.

Keunggulan bawang putih tunggal dibandingkan bawang putih biasa mungkin karena cara penanaman bawang putih tunggal yang bebas pestisida. Dengan adanya ragam manfaat pada bawang putih tunggal tersebut, akhirnya banyak perusahaan yang membuat ekstrak bawang putih tunggal dalam bentuk kemasan minuman dan ditawarkan kepada para konsumen.

Khasiat Bawang Putih Tunggal Bagi Kesehatan

Beberapa kandungan zat dalam bawang putih tunggal yang berkhasiat bagi kesehatan badan kita antara lain lemak, fosfor, kalium, belerang, minyak atsiri, zat aliin dan masih banyak lagi yang lainnya.

Khasiat bawang putih tunggal yang pertama adalah dapat mengobati flu dan batuk. Kandungan sulfur dan mineralnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit batuk dan flu yang menyerang. Bawang putih tunggal juga dapat dijadikan obat maag dan mengobati demam.

Ada sebuah observasi yang menunjukkan bahwa ada sebuah negara yang mayoritas penduduknya senang mengkonsumsi bawang putih tunggal setiap hari, di negara tersebut memiliki resiko penyakit jantung dan diabetes yang rendah. Ini disebabkan karena bawang putih tunggal berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Ini juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat lainnya bagi kesehatan adalah dapat mencegah kanker, mengurangi gangguan pencernaan, mengobati wasir, meningkatkan daya ingat otak, untuk kesehatan janin waktu kehamilan, dan menurunkan darah tinggi. Jadi mulai sekarang jika anda ingin sehat maka sering-seringlah mengkonsumsi bawang putih tunggal supaya badan tidak mudah terserang penyakit.

Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kecantikan

Beragam manfaat untuk kesehatan itu cuma sebagian saja, ada juga banyak khasiat dari bawang putih bagi kecantikan. Khususnya untuk para perempuan yang menginginkan kulit halus pada bagian wajah. Wajah yang berjerawat juga sangat baik diobati dengan menggunakan masker yang terbuat dari bawang putih tunggal ini.

Begitu juga dengan Anda yang bermasalah dengan komedo yang sering mengganggu, anda juga bisa membuat masker dari bawang putih dan mengoleskannya ke seluruh wajah yang terkena komedo tersebut. Cara membuatnnya adalah ambil 3 biji bawang putih tunggal lalu tumbuk halus atau bisa juga di blender hingga membentuk pasta, kemudian bisa mengoleskannya ke wajah sampai mengering. Setelah itu dibersihkan dengan air hangat.

Kandungan pada bawang putih tunggal yang bersifat anti aging juga bermanfaat untuk menjadikan wajah berseri, awet mudah dan mencegah terjadinya penuaan dini. Kerutan pada wajah akan hilang dengan sendirinya jika teratur mengkonsumsi bawang putih tunggal ini.

Efek Samping Mengkonsumsi Bawang Putih Tunggal

Dibalik sejuta fungsi dan manfaat bawang putih tunggal tersebut, anda harus mengerti dan memahami bahwasanya akan ada efek samping yang ditimbulkan bagi pengkonsumsinya, terutama jika makan dengan dosis yang tidak tepat dan berlebihan.

Akibat negatif yang paling terasa jika makan bawang putih tunggal dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Ini sangat terasa dan bahkan juga bisa tercium oleh orang lain yang berada di dekat kita. Bau badan ini sulit dihindari oleh para pengkonsumsinya, cara terbaik hanya dengan berhenti makan dan itupun bisa hilang setelah satu minggu dari berhenti mengkonsumsinya.

Dampak yang kedua adalah dapat menyebabkan bau mulut. Efek ini juga sering mengganggu dan cara menghilangkannya cukup dengan bersegera menyikat gigi dan berkumur-kumur setelah mengkonsumi bawang putih. Namun meskipun bau mulut hilang, aroma tak sedap pada badan tetap kerasa.

Bawang putih tunggal juga tidak baik bagi orang yang akan melakukan operasi karena dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan. Jadi bagi anda yang sedang akan melakukan operasi maka sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Bagi sering bermasalah dengan pencernaan dan memiliki alergi, bawang putih tunggal ini juga sangat tidak disarankan karena dapat menimbulkan sakit perut, gatal-gatal, memar pada kulit dan lain sebagainya.

Itulah beberama manfaat dan khasiat bawang putih tunggal bagi kesehatan tubuh dan juga efek samping yang dapat ditimbulkannya. Jadi gunakanlah sewajarnya supaya kita mendapatkan hasil yang maksimal.

 


TAGS bawang putih


-

Author

Follow Me