Cara Mencegah Diabetes Di Usia Muda

12 Sep 2017

cara mencegah diabetes di usia mudaBanyak yang beranggapan bahwa kencing manis atau diabetes ini identik dengan penyakit orang tua yang sudah berkepala empat. Sebenarnya ini anggapan yang salah bin keliru. Saat ini sudah banyak para remaja di usia muda yang juga mengalami penyakit diabetes melitus. Lalu apa penyebabnya? Bagaimana cara mencegah diabetes di usia muda?

Diabetes banyak menyerang anak muda dikarenakan pola hidup dan gaya hidup yang sudah berubah. Dahulu, para orang tua sering melakukan aktifitas sehari-hari secara manual. Seperti bekerja hingga mengeluarkan keringat, ke sekolah jalan kaki atau naik sepeda ontel atau melakukan apapun yang dapat membakar lemak di dalam tubuh.

Namun berbeda dengan anak usia muda saat ini yang semuanya serba instan dan praktis. Saat ini sudah banyak pekerjaan yang dituntut duduk berlama-lama di depan komputer, duduk di belakang meja kerja, ke sekolah tinggal naik kendaraan bermotor dan yang lainnya. Inilah yang menyebabkan anak usia muda sudah terserang diabetes atau kencing manis ini.

Selain faktor aktifitas yang sudah serba otomatis, ada juga faktor dari makanan. Orang dahulu sering mengkonsumsi makanan alami yang dimasak sendiri di rumah dan tentunya tanpa bahan kimia sama sekali. Berbeda dengan remaja usia muda di jaman sekarang yang gandrung dengan makanan yang banyak mengandung pengawet, pemanis dan perasa seperti junk food atau makanan cepat saji.

Gaya hidup ini yang menjadikan banyak anak usia muda di bawah 30 tahun sudah terkena penyakit diabetes mellitus. Menurut penelitian IDM pada tahun 2010 sudah ada 2 juga anak usia di bawah 20 tahun yang terkena gejala pra diabetes. Dan dimungkinkan akan terus bertambah. Tentunya nantinya setelah usia mereka sudah menginjak 30 tahun maka bisa dipastikan remaja tersebut sudah benar-benar terkena diabetes.

Penyakit diabetes ini menjadi penyebab kematian nomor tiga di dunia. Jadi tidak boleh di pandang sebelah mata. Jika tidak dicegah sedini mungkin maka kapan lagi. Sebab diabetes tidak memandang usia. Lakukan tindakan pencegahan seminimal mungkin supaya tubuh terus sehat.

Cara Mencegah Diabetes Di Usia Muda

Sebelum melakukan pencegahan terhadap diabetes, biasanya penderita akan mengalami beberapa gejala diabetes. Tanda dan cirinya adalah sering berkemih (kencing), mudah haus dan lapar, berat badan turun secara drastis, mudah lelah, bila terkena luka akan sulit sembuh, keluar bintik hitam pada tubuh, infeksi kulit dan telapak tangan serta kaki kesemutan yang berakhir pada mati rasa.

Sebaiknya sebelum gejala tersebut menghinggapi pada diri Anda maka lakukan pencegahan semaksimal mungkin. Berikut cara mencegah diabetes di usia muda, yaitu :

1. Sering Berolahraga

Lakukan olahraga secara rutin agar tubuh bisa membakar lemak dan berkeringat. Olahraga juga dapat menjaga berat badan stabil sehingga terhindar dari kegemukan atau obesitas. Lakukan 30 menit setiap hari secara rutin, seperti relaksasi, jalan kaki, berenang dan lainnya.

2. Jangan Stres

Agar pikiran tidak mudah stres maka lakukan latihan pernafasan, yoga, jalan-jalan dan hal lainnya yang dapat membuang stres jauh-jauh. Lakukan latihan ini 1 minggu satu kali secara teratur.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Hindari makanan yang banyak mengandung minyak dan berlemak. Bergantilah mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung serat. Seperti beras merah, oatmeal, bayam, brokoli agar dapat memperlancar aliran darah dan menstabilkan kadar gula darah

4. Sering Beraktifitas

Maksudnya adalah jangan terlalu sering diam di suatu tempat, seperti menonton televisi, kerja di depan komputer, berlama-lama duduk di belakang meja dan yang lainnya. Seringlah melakukan aktifitas yang bisa mengeluarkan keringat.

5. Istirahat Cukup

Energi di dalam tubuh jangan terlalu di forsir sebab tubuh juga membutuhkan istirahat. Tidurlah secara nyenyak setidaknya 6 hingga 8 jam per hari.

Ada beberapa makanan yang juga dapat menyembuhkan diabetes dan juga sekaligus mencegah diabetes di usia muda. Seperti beras merah, bayam, brokoli, oatmeal dan buah acaiberry. Jenis makanan yang disebutkan diatas sangat bagus bagi tubuh. Khasiatnya adalah untuk menjaga kadar gula darah dan juga memproduksi hormon insulin yang mengatur glukosa di dalam darah.

Kesimpulan terakhir, mumpung sekarang Anda masih berada di usia muda maka rubahlah gaya hidup dan pola makan menjadi baik. Hindari pola hidup tidak sehat seperti yang disebutkan diatas karena itu dapat memicu timbulnya diabetes di dalam tubuh.


TAGS diabetes


-

Author

Follow Me