Penyebab Bibir Hitam Dan Cara Mengatasinya

2 Oct 2017

Pentingnya perawatan kecantikan harus dipertimbangkan dan jangan sampai Anda tidak merawat tubuh karena bisa menghilangkan rasa percaya diri serta menjadi minder untuk berjumpa dengan orang lain. Cantik itu bukan hanya dari dalam (inner beauty) saja, tapi kecantikan dari luar juga penting.

Salah satu anggota tubuh yang perlu di perhatikan dengan baik adalah bagian bibir. Bibir yang merah dan sexy sebagai pertanda sensualitas, terutama bagi kaum hawa. Jangan sampai bibir berubah warna menjadi hitam gelap sebab itu akan mengurangi kesempurnaan kecantikan pada wajah anda.

Ada banyak penyebab bibir hitam dan kering. Anda harus memperhatikan secara satu per satu sebab bibir hitam dan pecah-pecah ini. Sebenarnya warna natural bibir itu merah, namun karena beberapa faktor maka bibir lambat lain berubah warna menjadi agak gelap dan lama kelamaan berwarna hitam.

Penyebab Bibir Hitam Dan Gelap

Ada banyak faktor penyebab bibir berubah warna dari merah menjadi hitam. Kita klasifikasikan saja menjadi dua bagian, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

1. Faktor Internal

Salah satu penyebab bibir hitam dari internal adalah faktor keturunan, perubahan hormon dan tubuh kekurangan nutrisi. Seperti contoh vitamin C yang sangat penting bagi tubuh. Jika asupan vitamin C berkurang maka kulit tubuh akan menjadi kering. Begitu juga dengan bibir yang kering dan pecah-pecah, lama kelamaan berubah warna menjadi gelap dan hitam.

Faktor gen dari kedua orang tua juga menjadi penyebab bibir hitam. Ini memang sulit dihindari. Namun tidak perlu berkecil hati, karena cara mengatasi bibir hitam yang disebabkan oleh faktor keturunan ini bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami yang biasa ditemukan di sekitar rumah.

2. Faktor Eksternal

Ada banyak faktor dari luar yang bisa menyebabkan bibir berubah menjadi hitam dan pecah-pecah. Diantaranya adalah sinar matahari, penggunaan lipstik yang tidak cocok, sering menggigit bibir, membasahi bibir dengan air liur, dan masih banyak lagi.

Yang juga tidak kalah pentingnya adalah gaya hidup buruk yang selama ini dijalani juga ikut mempengaruhi perubahan pada warna bibir ini. Seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, narkoba, minum teh dan kopi secara berlebihan dan lainnya. Sebaiknya hindari semua hal buruk yang disebutkan diatas jika Anda menginginkan bibir yang merah merekah dan tentu akan menambah rasa pede Anda saat berjumpa dengan orang lain.

Cara Memerahkan Bibir Hitam Secara Alami

Dengan mengetahui beberapa penyebab bibir berubah warna menjadi gelap tersebut maka kita akan lebih mudah mengetahui cara mengatasinya. Intinya, kita tinggal hindari semua hal yang menyebabkan bibir hitam dan pecah-pecah tersebut karena pada dasarnya bibir itu memang berwarna pink atau merah.

Tips lain cara memerahkan bibir yang hitam dan pecah-pecah adalah dengan memijit bibir menggunakan minyak zaitun atau madu. Ini berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati yang terdapat di kulit bibir. Perbanyaklah meminum air putih setidaknya 2-3 liter per hari agar kelembaban bibir tetap terjaga. Karena pada dasarnya bibir itu tidak bisa memproduksi sendiri minyak atau keringat. Jika tidak terawat dengan baik maka bibir mudah kering, pecah-pecah dan hitam gelap.

Mengkonsumsi air putih secara cukup setiap hari juga berperan penting untuk menjaga kelembaban bibir. Tubuh membutuhkan air setidaknya dua sampai tiga liter per hari. Dengan asupan air putih yang cukup, yang sehat bukan hanya bibir saja, namun seluruh organ tubuh akan bekerja dengan maksimal.

Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah penggunakan lipstik yang berlebihan dan terlalu lama juga ikut mempengaruhi warna bibir yang hitam dan gelap. Sudah kita ketahui bersama ada beberapa merk lipstick yang banyak mengandung racun yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, termasuk juga bibir. Beberapa kandungan racun tersebut seperti timbale dan mercury.

Mulai sekarang pilihlah lipstik yang memang benar-benar bagus dan cocok dengan kulit bibir Anda. Dan saat malam hari sebelum tidur, bersihkan semua sisa lipstik jangan sampai ada yang tersisa. Karena ini penting untuk kesehatan bibir. Bibir juga membutuhkan nafas seperti halnya anggota tubuh yang lainnya. Dengan adanya lipstik tersebut maka bibir tidak bisa bernafas dengan lega.


TAGS bibir


-

Author

Follow Me